Kamis, 07 April 2016

Tips Bikin Slide Atau Caption Presentasi Yang Oke

Presentasi Yang Baik
   Mau presentasi baik presentasi skripsi, tugas sekolah atau untuk urusan pekerjaan? Tapi enggak tau harus bikin yang bagaimana. Enggak tau caption atau slide model bagaimana yang perlu ditampilkan. Pada artikel kali ini akan memberikan tips simple untuk membuat presentasi yang baik dan tidak terlalu berbelit-belit baik itu untuk presentasi menggunakan caption ataupun menggunakan proyektor dan laptop. OK, monggo diintip gan.

Masukkan poin penting

Poin Penting
   Yupz, yang penting dari presentasi adalah poin penting dari topik yang kita presentasikan. Jangan memasukkan materi lain yang tidak perlu dan justru menurunkan kualitas presentasi yang kita sajikan. Bukannya mengerti dan paham tapi malah audiens yang menghadiri presentasi kita jadi bingung tentang apa yang kita sajikan.

Masukkan penjelasan singkat

Penjelasan
   Ini bertujuan agar audiens mendapatkan gambaran dari apa yang sebenarnya kita sajikan. Langkah selanjutnya ya kita jelaskan detil-detilnya yang mungkin audiens masih belum paham betul apa saja esensi dari yang kita sajikan. Kalau perlu, sorot poin paling penting dari penjelasan tersebut dengan mengubah warna tulisannya jadi lebih tertangkap mata.

Tulisan yang jelas

Ukuran Font
   Ini penting karena kalo tulisan yang ada di caption/slide presentasi kita tidak jelas maka sudah pasti audiens yang duduknya ada di paling belakang jadi tidak bisa melihat dengan jelas apa saja yang tertulis di slide/caption presentasi kita. Cobalah membuat berbagai ukuran tulisan ketika membuat slide/caption presentasi dan kemudian coba lihat tulisan tersebut dari jarak jauh apakah terlihat dengan baik dan jelas. Tapi jangan terlalu besar juga entar terlalu banyak makan tempat di slide/caption.

Jangan terlalu banyak efek dan animasi

Animasi
   Ini hanya berlaku bagi yang membuat slide presentasi menggunakan software khusus pembuat presentasi dan presentasinya menggunakan laptop dan proyektor. Mungkin efek dan animasi menambah kesan ramai dan presentasi yang ditampilkan terlihat lebih elegan. Tapi ingat kebanyakan efek dan animasi dalam slide presentasi bisa membuat ribet kita sendiri. Selain pembuatannya yang lebih rumit juga bisa membuat presentasi kita menjadi agak berbelit karena kebanyakan efek dan animasi yang muncul ujung-ujungnya bikin pusing kita sendiri ataupun audiens. Pakailah animasi dan efek secukupnya saja.

Keep it simple

Tetap Sederhana
   Kenapa harus simple ya karena lebih praktis baik dalam pembuatan maupun dalam penyajiannya. Tapi juga jangan asal-asalan. Ingat beberapa poin yang sudah dijelaskan barusan.

   Moga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar